Pages

Selasa, 11 Desember 2012

Tawangmangu Karanganyar


Bulan Oktober 2012 disela - sela rutinitas pekerjaan terbesit keinginan untuk jalan - jalan berwisata alam bersama keluarga kecilku untuk menghilangkan rasa penat karena kesibukan setiap hari. Akhirnya bulan November ditentukan sebagai bulan untuk merealisasikan agenda tersebut. Tak lupa minta referensi mbah Google n Teman - teman tentang obyek wisata alam yang menawarkan kesejukan, pemandangan alam, dan kedamaian hati tentunya. Setelah mencari informasi dan googling kesana - kesini dipilihlah Obyek wisata alam air terjun grojogan sewu sebagai destinasi wisata alam kali ini. Tanggal 9-11 Nov 2012 adalah hari yang dipilih untuk merealisasikan agenda tersebut. berikut sekilas pandang tentang obyek wisata alam Grojogan Sewu Tawangmangu.

Wisata alam gerojogan sewu Tawangmangu

Objek wisata alam Tawangmangu merupakan sebuah tempat sejuk di pegunungan dengan pemandangan indah juga air terjun yang memukau yaitu air terjun Grojogan Sewu yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Tawang mangu dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari kota Solo / Surakarta dengan perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Di perjalanan menuju objek wisata Tawangmangu anda akan disuguhi pemandangan pedesaan yang indah.

Selain pemandangan indah dan air terjunnya, tawangmangu juga memiliki sarana dan prasarana pariwisata yang cukup lengkap, seperti hotel, villa-villa, lapangan golf, berbagai restauran dan ciri khasnya yaitu tukang sate keliling yang banyak terdapat di tempat ini. Objek wisata Tawangmangu berada di ketinggian sekitar 1000 Meter di atas permukaan laut. Tempat ini juga sering disinggahi oleh para pendaki gunung yang akan mendaki Gunung Lawu melalui desa Cemorosewu / Cemorokandang. Pos pendakian dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum dengan waktu sekitar 1 jam.

Yup, itulah Grojogan sewu di Tawangmangu yang merupakan sebuah kota kecil di bawah lereng Gunung Lawu. Tawamanggu ini merupakan andalan dari kabupaten Karanganyar Jawa Tengah sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang paling  banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Soal asal muasal nama air terjun itu sendiri diambil dari  bahasa jawa kata “Gerojokan” artinya adalah air terjun atau water fall jika dalam bahasa inggris. Sedangkan kata “Sewu” berarti seribu.  Namun secara harafiahnya, Gerojokan Sewu disini bukan berarti Air terjun ini jumlahnya ada seribu buah

Didalam perjalanan kami pun banyak menemukan obyek - obyek yang sangat menarik dan sayang bila untuk dilewatkan. salah satunya adalah patung bagong. Berikut penampakannya :




Lalu pemandangan alam nan asri, sejauh mata memandang deh pokoknya. berikut penampakannya :



Sekedar saran aja, kalo mau kesana hal pertama yg mesti disiapin adalah jaket n obat-obatan. takutnya tepar, malah nggak jadi hayan - hayan (baca - jalan2). karena suhu disana yg lumayan dingin. apa lagi pas malam hari. Brrrrrr...... ditambah lagi kalo pas hujan.... huhhh nyezzzzzz pake banget.

Karena kita sekeluarga berencana sekalian weekend pada saat itu maka tempat penginapan menjadi tujuan pertama kami. maklum aja kita nyampe sana udah sore, takut kemaleman dijalan karena. ternyata disana banyak kok penginapan, mulai dari yang biasa sampe yang lumayan nyaman. saran saya kalo cari penginapan disana nggak usah nyari yang ber AC kalo bisa cari aja yang ada fasilitas air panas 24 jam. bisa dibayangin aja kalo ga ada air panas mau mandi apa mau gosok gigi pake air yang dinginnya kayak dari kulkas. hadeuhhhh... trus untuk masalah tarif hotel disana variatif kok, mulai dari 60ribu - 300 ribuan, tinggal sesuain dengan budget. Berikut salah satu penginapan disana yang kebetulan saya dan keluarga nginap disana.






Dipenginapan inilah kami sekeluarga melepas lelah setelah perjalan yg lumayan melelahkan (dari Semarang). dan sekedar penilaian saya pribadi saja terhadap hotel ini. sangat nyaman, pelayanan bagus, para staff nya juga ramah. OK banget deh. dan yang jadi pertimbangan juga, penginapan ini juga sangat dengan dengan pintu masuk pos 2 ke obyek wisata Grojogan sewu dan disekeliling hotel punya sangat banyak penjaja kuliner, mulai dari sate kelinci, penjual buah-buahan, aneka souvenir dll. 

Haripun menjelang sore, dan kamipun ingin menikmati suasana sore hari di daerah ini. hmmmm.... pertama yang saya rasakan adalah sangat nyaman dan asri, udara yg cenderung lembab dan berkabut membuat paru-paru tubuh ini serasa dipenuhi dengan udara yang bersih dan segar. tak ayal kamipun ingin menikamti wisata kuliner didaerah tawangmangu. yaitu sate kelinci. Tahukah anda bahwa binatang imut, lucu, ngegemesin yang satu ini memiliki berbagai khasiat serta manfaat bagi kehidupan manusia, Selain memiliki daging yang empuk serta lezat. kelinci ini pun memiliki berbagai khasiat antara lain adalah sebagai berikut, jika anda ingin memasak binatang yang satu ini sebagai santapan yang lezat nan berkhasiat cobalah anda memasak nya, dengan cara di sate. Daging kelinci dipercaya dapat menyembuhkan atau minimal meredakan penyakit asma, infeksi tenggorokan, liver, dan asam urat. Dan ternyata daging binatang yang satu ini mengandung suatu zat yang disebut senyawa kitotefin, senyawa tersebut apabila digabungkan dengan senyawa lain seperti lemak omega 3 dan 9 diperkirakan dapat menyebuhkan penyakit asma. Senyawa kitotefin berfungsi untuk menstabilkan membran sel mastosit. berikut perburuan wisata kuliner kami :









Oia, untuk harga kuliner di tempat ini sangat terjangkau kok. untuk satu porsi sate kelinci berikut nasi atau lontong berkisar antara 10 - 12 ribu. cukup terjangkaukan...???

Pagi hari di Tawangmangu adalah pagi yang sangat berkesan. jauh dari kesan kebisingan dan kemacetan, pukul 06:00 kami keluar hotel untuk melihat lingkungan disekitar, dengan berjalan kaki kami melihat sangat harmonisnya lingkungan ini, tidak ada heterogenisasi (perbedaan) semua saling menyapa. hmmm... pagi yg menakjubkan, bahkan kamipun disapa oleh orang yang menawarkan jasa sewa kuda. ternyata sejak kalo pagi hingga siang banyak kuda - kuda yang bisa kita sewa sesuai dengan tujuan dan kebutuhan kita. hasyeekkk.... kalo capek, naik kuda yukkkk....


  

Haripun sudah mulai siang dan kamipun ingin segera menuju ke obyek wisata Grojogan sewu. oia, berikut penampakannya :














Ternyata didalam obyek wisata, selain ada air terjun, pengelola juga menambahkan beberapa wahana wisata tambahan antara lain Kolam renang anak2, Kolam renang dewasa, Flying fox, Marine Bridge, Mini rafting. dan juga banyak penjaja kuliner didalam area wisata.
Hmmmm..... sungguh destinasi wisata yang tak terlupakan.














2 komentar:

Anonim mengatakan...

penginapan yg mba pilih,brp harganya? muat brp org?

Anonim mengatakan...

wah bagus y

Posting Komentar

 
Ceria Telekomunikasi | Telepon Hemat Ceria | Sophie Martin Paris | Putra Wingga | Telepon Ceria | Interiorindo