Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Wisata Keraton Surakarta Atau Keraton Solo


Diwisata kali ini akan mengajak Anda sejenak untuk melihat Kota Surakarta atau Solo tempo dulu melalui Keraton Surakarta atau Keraton Solo.

Keraton Surakarta adalah simbol identity kota Surakarta atau kota Solo. Keraton Surakarta atau Keraton Solo memiliki sebuah nama resmi Yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat, dan merupakan tempat yang sangat bersejarah yang amat sayang kalau dilewatkan ketika kita berkunjung ke Kota Solo. Keraton Solo dibuat pertama kali pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, dan dibangun secara bertahap.

Keraton Surakarta mengalami masa keemasan pada Pemerintahan Sunan Paku Buwono X pada tahun 1893 - 1939. Karena pada saat itu keraton Surakarta mengalami restorasi besar - besaran dengan percampuran gaya arsitektur Jawa dan Eropa dalam nuansa warna putih dan biru.

Keraton Surakarta secara fisik mempunyai banyak kesamaan dengan Keraton Yogyakarta, salah satunya adalah dalam hal tata ruang. Kesamaan pola tata ruang terlihat jelas pada letak alun - alun yang berada di utara dan selatan keraton.

Keraton Surakarta terletak tepat dipusat Kota, berdekatan dengan Balaikota, Pasar Klewer, Pasar Gede. Hingga saat ini Keraton Solo tetap menjadi salah satu tujuan utama sejumlah wisatawan Domestik maupun Manca negara saat berkunjung ke kota Solo.

Untuk melihat beberapa gambar terkait Keraton Surakarta atau keraton Solo, silahkan klik DISINI.



Lihat Peta Lebih Besar

1 komentar:

sewamobiljogja mengatakan...

infonya sangat menarik makasih salam kenal

Posting Komentar

 
Ceria Telekomunikasi | Telepon Hemat Ceria | Sophie Martin Paris | Putra Wingga | Telepon Ceria | Interiorindo